Definisi K3 Menurut Para Ahli


A.      Definisi K3
     Definisi K3 ada 3 yaitu:
         
*Filosofo suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin kesempurnaan dan keutuhan baik jasmani dan rohani tenaga kerja pada khususnya dan manusia pada umumnya hasil karya dan budayanya menuju masyarakat adil dan makmur.

*Keilmuan K3 ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam usaha mencega kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

*Praktis K3 upaya perlindungan tenaga kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat melakukan pekerjaan ditempat kerja maupun sumber dan proses produksi dapat dilakukan secara aman dan efisien dalam pemakaiannya.

B.      Definisi K3 Menurut Para Ahli

1.       Ridley dan jhon (1983)
     Mengartikan kesehatan dan keselamatan kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagi pekerjaan perusahaan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau sekitar tempat kerja tersebut.

2.       Simanjuntak (1994)
       Keselamatan kerja adalah keselamatan yang kondisi keselamatan yang bebas dari resiko kerusakan dan kecelakaan dimana kita berkerja yang mencakup tentang kondisi bangunan, kondisi mesin, peralatan keselamatan dan kondisi pekerjanya.

3.       Jakson (1999)
      Menjelaskan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja menunjukan kondisi-kondisi fisiologis, fisikal, dan psikologis tenaga kerja yang diakibatkan oleh lingkungan kerja yang disediakan oleh perusahaan.

4.       Mangku Negara (2002)
        Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu pemikiran baik jasmani dan rohani tenaga kerja pada khususnya, dan manusia pada  umumnya hasil karya dan budaya untuk menuju masyarakat adil dan makmur.

5.       Mathis Jakson (2002)
       Menyatakan bahwa keselamatan adalah menuju perlindungan yang terkait dengan pekerjaan. Kesehatan adalah merujuk pada kondisi umum fisik, mental dan stabilitas emosi secara umum.

Comments

Popular posts from this blog

Psikologis Warna

Memahami Sikap & Perilaku Wirausaha